Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Kedudukan dan Hikmah Shalat

Kedudukan serta hikmah shalat sebagai berikut :

  • Shalat Tiang Agama
Shalat merupakan ibadah yang pertama diwajibkan oleh Allah SWT kepada umat islam, melalui Nabi Muhammad SAW ketika beliau melaksanakan Isra' Mi'raj. Shalat dalam Islam mempunyai kedudukan yang sangat penting bagi manusia yang taqwa kepada Allah karena apabila manusia dapat mendirikan shalat dengan baik maka Insya Allah manusia itu dapat mencapai ridho dari Sang Maha Pencipta.

  •  Hikmah Shalat
Shalat merupakan salah satu ajaran agama Islam yang termasuk dalam rukun islam yang ke-2. Adapun macam-macam hikmah shalat yang perlu diketahui, antara lain :
  1. Membiasakan hidup bersih
Sebagaimana kita ketahui bahwa orang yang akan melaksanakan shalat terlebih dahulu harus suci dari hadas dan suci dari najis, begitu pula pakaian dan tempat yang digunakan untuk shalat. Dari uraian diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa shalat melatih seorang muslim agar cinta akan kebersihan.     2.   Terbiasa hidup sehatSalah satu hikmah shalat adalah menjaga diri dari penyakit. Penyakit sering kali disebabkan oleh kotoran-kotoran yang melekat pada badan baik langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, setiap sebelum shalat fardlu kita diwajibkan untuk berwudlu agar terhindar dari segala kotoran.      3.   Membina kedisiplinanKedisiplinan disini yang dimaksud adalah disiplin waktu (melaksanakan shalat tepat pada waktunya). Dan waktu yang paling baik untuk melaksanakan shalat ialah di awal waktu. Sebelum adzan kita sudah harus berwudlu, berpakaian dan pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat.      4.   Melatih kesabaranOrang yang telah mendirikan shalat dengan sebenar-benarnya akan menjadi kuat tekadnya dan tidak gentar atau putus asa dalam menghadapi kepahitan hidup. Bahkan ia akan selalu optimis dan selalu berhati-hati serta tidak tergesa-gesa dalam menyelesaikan suatu persoalan.      5.   Mengikat tali persaudaraan sesama muslimShalat yang dilakukan dengan cara berjama'ah dapat mengikat dan memupuk rasa persaudaraan dan kesatuan umat Islam. Hal ini wajar karena di dalam berjama'ah akan dijumpai cara pelaksanaan ibadah yang sama dan serempak sehingga semuanya merasa di bawah naungan Islam. Dan apabila rasa persaudaraan itu dibina secara terus menerus maka akan menumbuhkan persatuan dan kesatuan dia kalangan kaum muslimin.      6.   Mencegah perbuatan keji dan mungkarMencegah perbuatan keji dan mungkar adalah salah satu hikmah shalat yang paling utama. Orang yang shalat akan takut berbuat kemungkaran dan kejahatan, baik yang merugikan diri sendiri maupun orang lain. Dia akan selalu menghindari dan menjauhi larangan-larangan Allah dengan tulus ikhlas akan mentaati parintah-perintahNya, dan meninggalkan larangan-laranganNya.x

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar